Center for Integrative Zoology

Selamat ulang tahun UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ke-64

  Akademia, News | Pub: Sep 21, 2015 , 4:34 pm Mod: Sep 21, 2015 , 4:35 pm | Written by admin |  2,131 times
Advertisement

Ulang tahun UIN Sunan Kalijaga ke-64 ( UIN-SUKA.net )Ulang tahun UIN Sunan Kalijaga ke-64 ( UIN-SUKA.net )

UIN-SUKA.net – 26 September 1951 kiranya adalah moment penting dalam sejarah dunia pendidikan islam di Indonesia, khususnya untuk kalangan civitas academia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada tanggal tersebut PTAIN Yogyakarta diresmikan, yang diambil dari Fakultas Agama UII, dengan memiliki tiga Jurusan, yaitu: Jurusan Dakwah (sekarang Fakultas Ushuludin), Jurusan Pendidikan (sekarang Tarbiyah) dan Qodlo (sekarang Fakultas Syariah).

Seiring waktu dan kebutuhan umat Islam akan dunia pendidikan tinggi Agama Islam, pada tanggal 24 Agustus 1960 terjadi perubahan nama dari PTAIN menjadi IAIN (Institut Agama Islam Negeri). Dimana IAIN Al-Jami’ah Al-Islamiyah Al-Hukumiyah yang berkedudukan di Yogyakarta adalah IAIN pertama di Indonesia.

Pada 21 Juni 2004 IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan transformasi, yaitu transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Perubahan Institut menjadi universitas dilakukan untuk mencanangkan sebuah paradigma baru dalam melihat dan melakukan studi terhadap ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum, yaitu paradigma Integrasi interkoneksi. Paradigma ini mensyaratkan adanya upaya untuk mendialogkan secara terbuka dan intensif antara hadlarah an-nas, hadlarah al-ilm, dan hadlarah al-falsafah. Dengan paradigma ini, UIN Sunan Kalijaga semakin menegaskan kepeduliannya terhadap perkembangan masyarakat muslim khususnya dan masyarakat umum pada umumnya. Pemaduan dan pengaitan kedua bidang studi yang sebelumnya dipandang secara dimatral berbeda memungkinkan lahirnya pemahaman Islam yang ramah, demokratis, dan menjadi rahmatan lil ‘alamin. (Seperti dikutip dari laman UIN SUKA)

Kini, di tahun 2015 ini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta telah menapaki usia yang ke-64 tahun, 🙂 . Semoga diusia yang lebih dari setengah abad ini menjadikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta semakin unggul dan terkemuka dalam memadukan dan mengembangkan studi keislaman, keilmuan dan keindonesiaan. Selamat ulang tahun UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 26 September.

Ikuti gerak Jalan Gembira dalam Mensyukuri Kelahiran UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ke 64 Tahun 2015, Sabtu, 26 September 2015, Jam 06:30:00 s.d. 12:00:00 WIB di Halaman PAU UIN Sunan Kalijaga.