Center for Integrative Zoology

ATLAS MORFO-ANATOMI Cosmostigma racemosum (ASCLEPIADOIDEAE)

  promoted | Pub: Jan 11, 2016 , 3:58 pm Mod: Jan 13, 2016 , 10:03 am | Written by admin |  1,715 times

Atlas Morfo-anatomi Cosmostigma racemosum (Asclepiadoideae)Atlas Morfo-anatomi Cosmostigma racemosum (Asclepiadoideae)

UIN-SUKA.net – Available Now !!! Buku ATLAS MORFO-ANATOMI Cosmostigma racemosum (ASCLEPIADOIDEAE). Identifikasi dan diskripsi ciri tumbuhan merupakan salah satu pekerjaan penting dalam menentukan nama jenis. Pekerjaan ini dapat dianggap mudah jika seseorang telah memiliki banyak pengalaman dalam mengenal berbagai jenis tumbuhan atau tumbuhan yang diidentifikasi adalah tumbuh-tumbuhan yang dikenal khalayak luas. Pekerjaan identifikasi menjadi cukup berat jika specimen tumbuhan merupakan tumbuhan liar tidak dikenal. Dalam kondisi seperti ini kegiatan identifikasi bukanlah pekerjaan yang sederhana.

Identifikasi jenis tumbuhan merupakan rangkaian proses kegiatan taksonomi atau sistematika. Data ciri tumbuhan adalah dasar penentuan jenis tumbuhan. Data ciri dapat berupa data ciri amatan struktur, data kimiawi, dll. Masing-masing data memiliki tingkat presisi tersendiri. Data morfologi merupakan data yang paling sering digunakan untuk menentukan jenis. Untuk tumbuhan berbunga, struktur bunga merupakan data yang bernilai sangat tinggi dalam presisi penentuan jenis. Data struktur morfologi tumbuhan biasanya diperkuat atau dilanjutkan dengan pengungkapan data anatomi-histologi.

Atlas ini diharapkan dapat digunakan untuk melatih kemampuan identifikasi tumbuhan bagi mahasiswa di lapangan maupun di laboratorium, serta sebagai model referensi cepat identifikasi tumbuhan. Atlas ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan dan membantu menentukan dan menemukan jenis tumbuhan bagi masyarakat umum.

Indonesia merupakan salah satu negara megabiodiversitas terbesar di dunia.  Oleh karena itu, kekayaan flora dan fauna Indonesia merupakan inspirasi dan sumber belajar yang tidak ternilai. Namun, penggalian terhadap potensi keanekaragaman hayati  untuk pendidikan dan pengajaran masih jauh dari harapan. Kita masih bergantung dari sumber-sumber  flora dan fauna luar negeri sebagai acuan pembelajaran.

Atlas Morfo-Anatomi Cosmostigma racemosum (Asclepiadoideae) merupakan upaya untuk menjembatani kesenjangan antara teori dalam biologi tumbuhan dengan realitas yang ada di alam sekitar kita. Kekayaan flora di sekitar kita ditangkap dan diolah menjadi sebuah atlas yang berisikan anatomi bagian-bagian tumbuhan Cosmostigma racemosum. Atlas ini mengandung gambar berwarna morfologi dan anatomi tumbuhan Cosmostigma racemosum. Atlas ini secara didaktik sangat diperlukan dalam pembelajaran biologi tumbuhan pada tingkat perguruan tinggi. Penggunaan foto akan memudahkan bagi mahasiswa mengenali anatomi tumbuhan mendekati aslinya. Penggunaan foto memiliki keunggulan berbandingkan dengan sketsa dan definisi karena foto lebih mendekati objek aslinya.

Secara khusus, atlas ini juga menarik karena merupakan bagian dari disertasi penulis untuk membuktikan bahwa konten di dalam pendidikan merupakan bagian yang integral dari ilmu pendidikan itu sendiri. Pendidikan yang hanya mengutamakan strategi dan psikologi dengan mengabaikan konten akan jauh dari tujuan pengembangan ilmu. Atlas ini menunjukkan bahwa penelitian pendidikan semestinya dapat menghasilkan konten yang bagus dan tidak perlu terjadi dikotomi antara pendidikan dan ilmu murni. Perbedaan hanyalah pada titik berat dan cara penyajian, bukan yang satu meniadakan yang lain.

Saya sangat mendukung penelitan dan penulisan bahan pembelajaran serupa atlas ini. Masih banyak kekayaan flora Indonesia yang belum digali sama sekali. Diharapkan atlas ini dapat menjadi stimulus bagi kajian tumbuhan lain. Banyak tumbuhan yang menjadi maskot dan lambang dari suatu daerah ataupun memiliki nilai histori yang penting, tetapi sangat minim kajian ilmiah.

Malang, 6 September 2014
Rektor Universitas Negeri Malang,
Prof. Dr. Suparno

Penulis:

  • Dr. Widodo (UIN Sunan Kalijaga)

Editor:

  • Prof. Dr. Agr. Mohamad Amin, S.Pd., M.Si (Pascasarjana UM Malang)
  • Prof. Dr. Mimien Henie Irawati Al-Muhdar, M.S. (Pascasarjana UM Malang)
  • Dr. Muhammad Ja’far Luthfi, M.Si. (Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Contact Us for details.