Center for Integrative Zoology

Catatan diskusi: Berbagi Pengalaman: YOUNG ON TOP – Sebuah Pengenalan

  Catatan Diskusi | Pub: May 14, 2014 , 8:08 am Mod: Sep 15, 2014 , 8:34 am | Written by admin |  804 times

catatan diskusi seri mimbar akademikcatatan diskusi seri mimbar akademik

” YOUNG ON TOP : Sebuah Pengenalan” adalah tema diskusi pagi hari ini (14 Mei 2014) pada acara SERI MIMBAR AKADEMIK dengan pembicara Iriyanta, Staff Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Pada Kesempatan yang berbahagia tersebut beliau┬áberbagi cerita tentang pengalaman serta menyampaikan beberapa hal mengenai beberapa kiat menjadi sukses diusia muda based on Young on Top’s book. Pada kesempatan tersebut, Mas Iriyanta juga memberikan buku Young on Top sebagai doorprize. Dan berikut ini beberapa hal yang dapat kami tangkap dari diskusi yang sangat menarik pagi ini.

Berawal dari pengalaman membeli buku Young On Top dimana saya tertarik ketika menonton Kick Andy. Narasumbernya adalah Billy Boen, (salah seorang yang karirnya sukses di usia muda) dan tertarik dengan narasumbernya.

Setelah membeli buku ini karir saya meningkat dan rajin menulis di buku maupun kerjanya step by step, saya catat di buku. Keputusan paling besar adalah ketika saya ingin mendesain

Kira-kira itulah yang dialami oleh narasumber ketika mengalami proses panjang ketika melakukan keputusan. Dari apa yang ia alami, beliau dapat menyimpulkan bahwa apa yang ia lakukan terdapat beberapa kunci strategis dalam hidupnya.

Menurut beliau, ada 30 rahasia sukses di usia muda. Namun ada empat point yang menjadi kunci utama, yaitu:

  1. Do what you love. Bertanya pada hati kita masing-masing dan lakukan yang dianggap benar. Selain itu, memperbanyak referensi dari orang-orang yang lebih berpengalaman, lebih pintar dan lebih sukses dari kita.
  2. Open minded. Berfikir secara luas (dari berbagai sisi) jangan egois. Misalkan melihat hp dari berbagai sisi
  3. Do not assume. Jangan berasumsi untuk menghindari kesalahan. Jangan mengambil keputusan atas dasar kira2 atau kayaknya. Bertanya lebih baik daripada menebak-nebak, dan kamu mendapatkan petunjuk
  4. Speed and automatic progress update report. Zaman dulu= slowly. But sure. Zaman sekarang = fastly and sure. Misalnya mengerjakan tugas secara berkala tanpa harus ditanya.

Jika konsep keempat di atas dapat diterapkan di kehidupan, maka bukan tidak mungkin kita akan mengalami hal yang sama dengan apa yang Billy Boen capai.